“ masa depan ada di pundak adik-adik sekalian sebagai generasi muda penerus bangsa “, ujar
Wakil walikota Bekasi HRahmat Effendi saat memberikan penyuluhan di hadapan siswa- siswiSMA Negeri 4 Bekasi, selasa kemarin (19/1).
Dalam penyuluhan tersebut, wakil walikota didampingin oleh ketua Harian (kalahar) BNK Kota Bekasi
Drs H Encu Hermana dan Kepala Sekolah SMA N 4 Bekasi.
Wakil walikota yang juga selaku ketua BNK Kota Bekasi mengingatkan agar generasi penerus bangsadapat menjauhkan diri dari pergaulan yang tidak sehat, yang cenderung menjerumuskan dan merusak, salah satunya dengan mengkonsumsi narkoba.
Selain merusak, beraktifitas dengan narkoba juga memiliki resiko jeratan hukum, seperti kasus-kasus
Yang banyak kita jumpai di media massa, baik Koran maupun televisi.
Dalam
kesempatan tersebut,wakil walikota juga menyempatkan diri meninjau ruangperpustakaan yang ada di SMAN 4 Bekasi.perpustakaan juga dapat dijadikan sarana pengalihan agar para siswa tidak terjerumus ke dalam narkoba. “sekolah diharapkan dapatmemfungsikan perpustakaan dengan seoptimal mungkin”,ujar wakil walikota saat meninjau perpustakaan.
Tabel 1,Bahaya Narkoba
BAHAYA NARKOBA TERHADAP
No
FISIK JASMANI
ROHANI JIWA
MASYARAKAT
1
Kerusakan funsi otak
sikap labil
Meningkatnya tindak kriminal
2
Infeksi akut otot jantung dan ganguan peredaran darah
Cepat memberontak
3
Rentan terhadap penyakit akibat penggunaan jarum suntik secara senbarangan
a) GRUP PAGES
1) Cover page, untuk memasukkan halamn depan
2) Blank page, untuk menyisipkan halaman kosong
3) Page break, untuk menyisipkan belahan halaman
b) GRUP TABLES
1) Table, untuk menyisipkan table
c) GRUP ILISTRATIONS
1) Picture, untuk menyisipkan gambar
2) Clipt art, untuk menyisipkan clipt art
3) Shapes, untuk menyisipkan bentuk-bentuk bangun sederhana
4) SmartArt, untuk menyisipkan diagram
5) Chart, untuk menyisipkan grafik
d) GRUP LINK
1) Hyper link, untuk mengatur hyperlink
2) Bookmark, untuk pengaturan penanda halaman
3) Cross-reference, untuk membuat reference silang
e) GRUP HEADER&FOOTER
1) Header, untuk pengaturan header
2) Footer, untuk pengaturan footer
3) Page number, untuk pengaturan nomer halaman
f) GRUP TEXT
1) Text box, untuk menyisipkan text box
2) Quick parts, untuk menyisipkan template kata
3) Word art, untuk menyisipkan word art
4) Drop cape, untuk membuat drop cap
5) Signature line, untuk menyisipkan tanda tangan
6) Date & time, untuk meyisipkan tanggal dan jam
7) Object, untuk menyisipkan object
g) GRUP SYMBOLS
1) Equation, untuk menyisipkan persamaan atau rumus
2) Symbol, umtuk menyisipkan symbol
a. Grup Clipboard
1) Paste, untuk menampilkan hasil perintah copy atau cut
2) Cut, untuk menghapus teks atau gambar dimana teks dan gambar tersebut bisa dimunculkan kembali dengan paste
3) Copy, untuk menyalin teks atau gambar pada dokumen
4) Copy formatting, untuk menyalin format teks
b. Grup font
1) Font selection, untuk memilih jenis huruf
2) Size selection, untuk memilih ukuran huruf
3) Grow font, untuk membesarkan ukuran huruf
4) Shrink font, untuk mengecilkan ukuran huruf
5) Clear formatting, untuk menghapus format pada teks
6) Bold, untuk format cetak tebal
7) Italics, untuk format ceak miring
8) Underline, untuk format garis bawah
9) Strikethrough, untuk format coret
10) Subscript, untuk format pangkat bawah
11) Superscript, untuk format pangkat atas
12) Change case, untuk mengubah pola capital huruf
13) Text highlight color, untuk merubah warna latar belakang text
14) Text color, untuk mengubah warna text
c. Grup paraghraf
1) Bullet, untuk format list bullet
2) Numbering, untuk format list nomor
3) Multilevel list, untuk format list multilevel
4) Decrease indent, untuk mengurangi identasi paraghraf
5) Increase inden, untuk menambah identasi paraghraf
6) Left to right text direction, untuk pengaturan tulisan dari kiri ke kanan
7) Right to left text direction, untuk pengaturan tulisan dari kana ke kiri
8) Sort, untuk mengurutkan paraghraf
9) Show/hide paragraph mark, untuk memunculkan tanda paragraph
10) Align left, untuk format rata kiri
11) Align center, untuk format rata tengah
12) Align right, untuk format rata kanan
13) Justify, untuk format rata kiri dan kanan
14) Line spacing, untuk mengatur jarak spasi baris
15) Shading, untuk mengatur warna latar belakang baris
16) Border, untuk mengatur garis tepi baris
d. Grup styles
1) style selection, untuk format style
2) change style set, untuk merubah style secara keseluruhan
e. grup editing
1) find, untuk mencari text atau kata dalam dokumen
2) replace, untuk merubah text atau kata tertentu dalam dokumen
3) select, untuk memilih text atau objek dalam dokumen
1. Dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, kita harus menjalankan aturan-aturan etika. Maksud dari kata etika adalah………
a. Konsep pembenaran dalam masyarakat terhadap hasil pemikiran manusia
2. Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan peraturan yang berupa Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang HAKI yang berupa sanksi terhadap pelanggaran tersebut. HAKI sendiri mempinyai kepanjangan dari………
e. Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual
3. Perusahaan Microsoft Corp. telah banyak membuat produk software system operasi. Salah satu contoh produk system operasinya adalah………
b. Windows Vista
4. Hal dibawah ini bisa menyebabkan pemegang hak cipta beralih ke orang lain, kecuali……….
a. hibah
5. Berikut adalah keuntungan membeli perangkat lunak asli adalah………
e. mendapatkan ancaman hukum
6. Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan,memamerkan,mengedarkan,atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau hak terkait sebagaimana di maksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama……….
a. 5 tahun
7. Undang-undang di indonesiayang memuat tentang HAKI yang sedang berlaku saat ini adalah…….
a. UU No. 19 tahun 2002
8. Banyak factor yang menyebabkan masyarakat menggunakan software bajakan daripada software legal. Salah satu factor tang mempengaruhi masyarakat untuk lebih menggunakan software bajakan adalah………
b. Pendapatan masyarakat yang masih lemah
9. Barang siapa denagn sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana di maksud dama pasal 2 ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana penjara masing-masing paling sedikit selama…………….
a. 1 bulan
10. Software yang dapat di gunakan secara bebas tanpa harus minta izin kepada pembuatnya disebut software……….
c. freeware dan shareware
ESSAI
1) Sebutkan beberapa factor yang menyebabkan seseorang lebih suka menggunakan software illegal ?
• Pendapatan masyarakat yang relative kecil
• Tingkat pendidikan yang relative masih rendah
• Harga izin atau lisensi perangkat lunak yang relative mahal
• Control pemerintah yang tidak tegas
• Kurangnya tingkat kesadaran masyarakat untuk menggunakan software yang illegal
2) Jelaskan perbedaan antara etika dengan moral dalam kehidupan bermasyarakat !
• Etika merupakan konsep pembenaran oleh masyarakat terhadap hasil pemikiran manusia. Sedangkan moral adalah tindakan manusia yang baik yang sesuai dengan pemikiran yang ada dalam masyarakat ( pemikiran umum )
3) Apakah pengertian hak paten suatu produk ?
• Hak terhadap merek dagang atau produk ciptaanyan agar tidak bisa di pakai orang atau perusahaan lain tanpa seizing pemilik hak cipta atau paten
4) Jelaskan posisi yang baik dalam memakai computer !
• Posisi duduk yang baik diantaranya : menggunakan kursi yang ada sandarannya dan hendaknya posisi kepala tidak terlalu menengadah sehingga pandangan sejajar dengan monitor. Penempatan keyboard dan mouse harus di sarankan tidak terlalu sulit atau sesuai dengan jangkauan tangan. Jarak pandang yang benar dengan monitor penting diperhatikan antara mata dengan monitor adalah 46-47 cm.
5) Apa kepanjangan dari HAKI ?
• Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual
1. Bagaimana etika penggunaan perangkat TIK di tempat ibadah?
2. Sebutkan contoh perbuatan yang melanggar etika penggunaaan perangkat TIK?
3. Bagaimana sebaiknya menjawab panggilan ponsel pada saat rapat ?
Jawaban :
1. Etika penggunaan perangkat TIK di tempat ibadah adalah :
• Tidak menggunakan alat-alat TIK di tempat ibadah
• Tidak menggangu orang-orang yang sedang ibadah
2. Contoh perbuatan yang melanggar etika penggunaan perangkat TIK adalah :
• Menggunakan alat – alat TIK ditempat ibadah,ruang kuliah,saat diskusi,serta waktu dan tempat lain yang dapat mengganggu konsentrasi orang-orang disekitarnya.
• Profil ponsel tidak diubah ke profil silent atau getar pada saat memasuki lingkungan dan waktu diatas.
• Menggunakan alat – alat TIK untuk melakukan kejahatan , seperti menyebarkan ancaman , terror , ataupun informasi palsu , dam mencuri data perusahaan ataupun merusak jaringan komputer.
3. Sebaiknya jika menjawab panggilan ponsel pada saat rapat adalah dengan meminta izin terlebih dahulu kepada anggota rapat.
Latihan 3.2
1) Apakah yang di maksud dengan etika dalam hidup bermasyarakat ?
2) Bagaimanakah cara kita untuk menghargai hasil karya orang lain ?
3) Sebutkan beberapa system operasi yang di buat oleh Microsoft corp?
Jawaban :
1) Yang di maksud dengan etika dalam hidup bermasyarakat adalah suatu sikap atau tata nilai yang berkembang sesuai dengan zamannya sehingga penerapan moral sangat relative dan situasional.
2) @Dengan tidak membajak atau menyalin dan menggandakan tanpa seizin pemilik hak paten.
@Tidak mengubah,mengurangi atau menambah hasil karya orang lain
@Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan
@Menggunakan perangkat lunak yang asli
3) Microsoft windows XP dan vista, serta perangkat lunak aplikasi Microsoft office 2003 dan 2007
Latihan 3.3
1. Bagaimana prinsip kesehatan dan keselamatan kerja menggunakan komputer ?
2. Mengapa kita tidak boleh menggunakan laptop di atas bantal atau kasur ?
3. Mengapa kita harus mematikan ponsel pada saat naik pesawat terbang ?
Jawaban :
1. @memperhatikan bagian-bagian peralatan komputer yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja
@memerhatikan posisi duduk dan jarak pandang dengan monitor yang benar.
@mengatur pencahayaan
2. Karena komponen dalam laptop akan cepat panas dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan pengguna
3. Karena gelombang elektromagnetik yang di pancarkan dapat mengganggu alat navigasi di kabin pesawat, sehingga dapat menyebabkan pesawat terbang kehilangan kendali ataupun kehilangan arah.
KETENTUAN PENGGUNA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
B. Menggunakan Aturan Etika dan Moral dalam Menggunakan Perangkat Keras TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup semua peralatan yang digunakan manusia untuk menyebarkan informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sebagai contoh komputer, laptop, ponsel,dan PDA. Komputer yang terhubung dengan jaringan internet dapat mengakses informasi dari belahan bumi yang lain dengan cepat. Ponsel juga menjadi alat yang dibutuhkan bagi sebagian besar kalangan masyarakat. Dengan adanya ponsel, berita dapat tersampaikan dengan cepat dan tepat.
Dengan semakin majunya teknolgi dan semakin bebasnya penggunaan perangkat tersebut, pengguna diharapkan dapat mematuhi etika yang ada. Contohnya antara lain :
1.Tidak menggunakan alat - alat TIK ditempat ibadah, ruang kuliah, saat diskusi, serta waktu dan tempat lain yang dapat mengganggu konsentrasi orang disekitarnya.
2.Profil ponsel harap diubah ke profil silent atau getar pada saat memasuki lingkungan dan waktu diatas.
3.Tidak menggunakan alat - alat TIK untuk melakukan kejahatan, seperti menyebarkan ancaman, teror, ataupun informasi palsu, dan mencuri data perusahaan ataupun merusak jaringan komputer
C. Perangkat Lunak TIK Menerapkan Aturan Etika dan Moral dalam Menggunakan
Beberapa contoh perusahaan - perusahaan besar pembuat perangkat lunak dan perangkat lunak yang dibuatnya, antara lain sebagai berikut :
1.Microsoft Corp, mengeluarkan perangkat lunak sistem operasi Microsoft Windows XP dan Vista,serta perangkat lunak aplikasi Microsoft Office 2003 dan 2007
2.Adobe Corp, mengeluarkan perangkat lunak aplikasi Adobe Photoshop, Adobe PageMaker, Adobe ImageReady, Adobe Acrobat, dan Adobe Premier Pro.
3.Corel Corp, mengeluarkan perangkat lunak aplikasi Corel Draw, Corel Photo-Paint, Word Perfect dan perangkat lunak database Paradox.
4.Symantec Corp, mengeluarkan perangkat lunak antivirus Norton AntiVirus, perangkat lunak utility Norton Utilities, dan Partition Magic.
5.Ulead Corp, mengeluarkan perangkat lunak multimedia Ulead DVD Movie Factory dan Ulead Media Studio Pro.
6.Novell Corp, mengeluarkan distribusi Linux bernama OpenSUSE yang bersifat open source.
7.Red Hat Corp, mengeluarkan distribusi Linux bernama Red Hat Enterprise Linux yang bersifat open source.
Dan berikut ini beberapa cara untuk menghargai hasil karya orang lain, khususnya perangkat lunak komputer.
1.Tidak membajak, menyalin, atau menggandakan tanpa seizin pemilik hak paten.
2.Tidak mengubah, mengurangi, atau menambah hasil karya orang lain.
3.Tidak menggunakan perangkat lunak untuk kejahatan.
4.Menggunakan perangkat lunak yang asli.
D. Menerapkan Prinsip – Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat lunak TIK
1.Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Komputer
a.Bagian – Bagian Peralatan Komputer yang Berbahaya Bagi Kesehatan dan Keselamatan Kerja
1.Pemasangan kabel penghubung listrik dengan CPU harus benar sehingga tidak menimbulkan hubunganpendek pada rangkaian listriknya.
2.Perhatikan masukan tegangan listrik ke CPU.
3.Gunakan ground listrik yang baik agar tidak menyisakan tegangan lsitrik pada casing atau monitor, sehingga pengguna komputer tidak tersengat listrik.
4.Atur jarak antara mata pengguna dengan monitor sesuai dengan aturan. Bila perlu, gunakan screen filter di monitor.
5.Tidak menggunakan komputer dalam keadaan casing terbuka.
b.Posisi Duduk dan Jarak Pandang dengan Monitor yang Benar
1.Gunakan kursi yang nyaman, dianjurkan menggunakan kursi yang dapat digerakkan kedepan dan belakang.
3.Hindari sinar yang menyilaukan, jika perlu gunakan screen filter.
4.Atur jarak badan dengan monitor sekitar satu lengan.
5.Upayakan kaki berpijak pada lantai atau pijakan pada meja komputer dengan nyaman.
6.Gunakan penyangga dokumen (document holder) saat mengetik naskah yang diletakkan sejajar dengan layar monitor.
7.Tempatkan keyboard dan mouse pada tempat yang mudah dijangkau.
8.Upayakan lengan dan siku dalam keadaan rileks dan berada disamping badan.
9.Letakkan monitor lurus dengan pandangan.
10. Gunakan meja keyboard yang bisa diubah kemiringannya dengan posisi mouse menyesuaikan posisi keyboard.
11.Gunakan meja komputer dan meja keyboard yang stabil (tidak ada goncangan)
12.Cukupkan frekuensi istirahat sejenak untuk melepas lelah.
c.Penggunaan Laptop
1.Komponen dalam laptop akan lebih cepat panas karena sistem pendinginnya sangat minim. Sehingga peletakkan laptop harus ditempat yang tidak menutup lubang ventilasi udara (misalnya tempat tidur).
2.Hanya install perangkat lunak yang anda akan gunakan. Laptop mempunyai kemampuan yang terbatas jika dibandingkan dengan komputer dekstop. Dengan meng-install dan menjalankan sedikit perangkat lunak maka panas yang dipancarkan juga minimal.
3.Layar LCD pada laptop sebaiknya dijaga dari tekanan kuat pada titik tertentu. Kemudian, jangan didekatkan dengan sumber panas ataupun pasa suhu yang sangat dingin. Hal ini dikarenakan layar LCD pada laptop komponennya bersifat cairan yang berbahaya bagi kesehatan jika sampai bocor.
2.Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Ponsel
Dalam penggunaan ponsel juga harus diperhatikan aspek – aspek berikut ini :
a.Gunakan handsfree untuk mengurangi efek pancaran gelombang elektromagnetik. Walaupun belum dibuktikan secara medis, gelombang elektromagnetik tersebut dapat mengganggu kerja sel – sel otak bahkan bisa menimbulkan kanker. Menggunakan ponsel tanpa handsfree dalam waktu yang lama juga dapat membuat telingan menjadi panas.
b.Tidak menggunakan ponsel pada saat mengemudikan kendaraan.
c.Tidak menggunakan ponsel di pesawat terbang.
d.Tidak menggunakan ponsel di SPBU.
E. Menghargai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam TIK
1.Lisensi Perangkat Lunak
a.Perangkat Lunak Bebas
Perangkat lunak bebas adalah perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari, dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna – pengguna berikutnya.
b.Perangkat Lunak Tak Bebas
Perangkat lunak tak bebas adalah perangkat lunak dengan pembatasan terhadap penggunaan, penyalinan, dan modifikasi yang diterapkan oleh pemegang hak (proprietor).
2.Upaya Melindungi Hak Cipta
Pemerintah indonesia berupaya untuk melindungi hasil karya cipta seseorang atau pengedarannya. Pemerintah republik indonesia telah membuat UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN TENTANG HAK CIPTA dan HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL ( HAKI ).
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:
Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.
Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
Berdasarkan media transmisi data
Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyallistrik antar komputer jaringan.
Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.